Manufaktur 11: Apa Bisa Kanthi Kelangan Mandhap Badai

2:58 PM Lovely Bunny 001 2 Comments




Yen ing tawang ono lintang cah ayu
Aku ngenteni teka mu
Marang mego ing angkoso
Sung takok-ke pawartamu
Janji janji aku eleng cah ayu
Sumedot roso ing ati
Lintang lintang'e wingi wingi nimas
Tresna ku sundul ing ati
Ndek semono janjimu disekseni
Mego kartiko keiring roso tresno asih


Apa kanthi kanggé ngelangaken topan?
Cah ayu rendet-rendet ngagem klambi abang ing atis
Grenengan ilang gugu
Ngasta arga bayu

Lagu ini adalah sebuah lagu cinta berbahasa jawa krama dengan judul yang jika di artikan berarti "When fall in love to the star", bercerita tentang seorang kekasih yang merindukan perempuan yang dicintainya. Untuk mengobati rasa rindu, ia bertanya kepada benda-benda langit tentang kekasihnya. 

Kedua kekasih yang saling mengikat janji tapi saling tersakiti karena tidak bisa bertemu. Meskipun keduanya masih tetap saling mencintai, keadaan yang tidak bersahabat tidak membuat hilangnya perasaan cinta kasih.

Sang kekasih memiliki janji bahwa semua penderitaan cinta ini akan berakhir ketika bulan purnama datang. Ketika janjinya berat untuk ditunaikan karena banyak godaan disekitar, ia akan selalu mengingat bahwa cintanya yang besar dapat mengalahkan segalanya.

Hati sepasang kekasih yang telah disatukan akan dapat saling berhubungan meskipun dipisahkan jarak yang jauh. Ketika malam tiba hati mereka saling disatukan oleh indahnya bulan purnama di langit.

Lagu ini sering saya dengar ketika masih kecil dan tinggal dengan Bude di Jember. Pakde saya adalah laki-laki penyabar yang bekerja sebagai masinis kereta api. Dua anaknya juga laki-laki. Yang satunya jika tidur hidungnya sering berdarah karena kecapaian waktu sekolah. Dan yang sulung adalah mahasiswa jurusan hukum dengan banyak koleksi lagu-lagu rock.

Setelah tumbuh besar, lagu ini sering saya temui ketika makan nasi di piring kaca dibawah tenda tinggi, dengan lalu-lalang orang-orang bergaun pesta. Semuanya ikut merayakan hari paling indah yang sedang dijalani oleh kedua orang yang baru mengikat janji untuk menjadi sepasang kekasih hidup sampai mati.

Apakah cinta adalah membebani dua orang kekasih, seharusnya cinta itu bahagia. Karena jika tidak dapat bertemu, tuhan akan mempertemukan setelah tiba saatnya untuk dipertemukan. Karena milikmu akan kembali menjadi milikmu. Meskipun kau berusaha sedemikian keras, nanti ia akan kembali padamu. Percayalah!

You Might Also Like

2 comments:

  1. Woy cewek cicak!!!
    Jadi ngerayap nggak di parang??
    Watsap lo matik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. "may you remember me when you're normal again"
      okay, challenge accepted!

      Delete