Makna Cinta dari Rangga Untuk Puisi Ada Apa Dengan Cinta?

12:10 PM Lovely Bunny 001 2 Comments



Halo readers, udah lama nih ga bahas mengenai puisi dan sajak.

Meskipun film ini udah lawas banget, sejak tahun 2002. Tapi efek romantis yang ditinggalkan Cinta dan Rangga masih berasa. Ibarat film india Kuch-Kuch Hotahai akting Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardojo meninggalkan image luar biasa buat kedua tokoh di film romantis tsb. Nah, bukan cuma akting mereka yang hebat tapi ga lepas juga dari peran puisi-puisi yang selalu jadi bagian utama dari film AADC. 

Kali ini saya jatuh cinta sama puisinya Rangga di film Ada Apa Dengan Cinta? Puisi ini muncul di adegan terakhir ketika Rangga akan berpisah dengan Cinta di Bandara dan memberikan sebuah buku catatan sebagai kenang-kenangan untuk cinta. Nah, dihalaman terakhir buku itu ternyata ada sebuah puisi yang didedikasikan untuk Cinta. Meskipun jika dilihat dari isi didalamnya puisi tsb tidak benar-benar hanya tertuju ke Cinta, tapi lebih kepada perempuan. Sosok yang selalu membuat Rangga bertanya-tanya.


Ada Apa Dengan Cinta?

perempuan datang atas nama cinta
bunda pergi karna cinta
digenangi air racun jingga adalah wajahmu
seperti bulan lelap tidur di hatimu
yang berdinding kelam dan kedinginan

ada apa dengannya
meninggalkan hati untuk dicaci
lalu sekali ini aku melihat karya surga
dari mata seorang hawa

ada apa dengan cinta
tapi aku pasti akan kembali
dalam satu purnama
untuk mempertanyakan kembali cintanya.
bukan untuknya, bukan untuk siapa
tapi untukku
karena aku ingin kamu, itu saja.



Pada paragraf pertama dari puisi tsb, Rangga mendeskripsikan perempuan yang datang ke hidupnya karena alasan cinta. Tapi kemudian ia menampik bahwa tidak semua perempuan seperti cinta yang ia pikirkan. Ibunya adalah perempuan yang tidak punya rasa cinta. Karena menurutnya ibunya memiliki hati yang dingin dan tidak punya kehangatan kasih sayang. Kalau readers sudah nonton film AADC, disitu diceritakan alasan kenapa ibu Rangga meninggalkan ia dan ayahnya. Maka dibait ini Rangga masih bingung dengan bagaimana perempuan dapat sedemikian indah tapi juga bisa menjadi menakutkan jika tidak punya rasa kasih sayang.
 
perempuan datang atas nama cinta
bunda pergi karna cinta
digenangi air racun jingga adalah wajahmu
seperti bulan lelap tidur di hatimu
yang berdinding kelam dan kedinginan


Laki-laki dan perempuan memang tidak bisa selalu sejalan dalam pemahaman. Rangga digambarkan sebagai sosok laki-laki dengan kepribadian acuh terhadap situasi sekitar karena selalu berkutat dengan dunia sastera, kesendiriannya menyebabkan ia merasa terasing dari lingkungan teman-teman sekolah. Berbeda dengan kepribadian Cinta yang supel dan memiliki banyak teman. Tidak heran ketika Cinta dan Rangga bertemu, keduanya sering beradu pendapat dalam pembicaraan. Tetapi dari situlah muncul rasa penasaran Rangga terhadap dunia yang penuh dengan hingar bingar, perseteruan dengan Cinta dalam beberapa hal membuatnya memahami keindahan perbedaan yang diciptakan Tuhan selama ini yang tidak dia sadari.

ada apa dengannya
meninggalkan hati untuk dicaci
lalu sekali ini aku melihat karya surga
dari mata seorang hawa


Cinta selalu membuat orang bertanya-tanya. Apakah mereka benar-benar jatuh cinta? Atau hanya perasaan penasaran karena selalu ada bagian yang ingin diketahui dari seseorang yang benar-benar menarik perhatian. Tentunya kamu readers juga pernah merasakan perasaan seperti itu. Merasa terasing dan sepi memikirkan sesuatu pada seseorang. Bahkan meskipun sudah terikat dengan hubungan tetapi selalu ada hal baru yang ditemui pada diri seseorang, itulah yang membuat cinta tidak pernah membosankan. Selalu dirindukan dan dipertanyakan.

ada apa dengan cinta
tapi aku pasti akan kembali
dalam satu purnama
untuk mempertanyakan kembali cintanya.
bukan untuknya, bukan untuk siapa
tapi untukku
karena aku ingin kamu,itu saja.


Oke readers, hehehe...jangan terhanyut donk dengan puisi diatas. Meskipun maknanya sangat dalam tetapi jika kita pikirkan lebih jauh cinta yang dimaksudkan Rangga sebenarnya bukan hanya sosok Cinta gadis manis yang menarik perhatiannya dan membuatnya jatuh cinta, tetapi Rangga mencoba menggali jawaban dari perasaan yang dirasakan terhadap sesuatu yang sulit diungkapkan hanya dengan kata-kata. Cinta.

You Might Also Like

2 comments: