Kamu Pemuda "SSBSSS" ? Jangan Pesimis, Kamu Juga Nasionalis! (Part 2, 1-2 End)

10:26 AM Lovely Bunny 001 0 Comments


Pemuda biasanya dibagi dalam beberapa tipe:

1.      ADAADADEH (Aktif Dimana-mana Apapun Akan Dilakukan Apapun Dikerjakan, Extra Hours)
Ini jenis pemuda luar biasa, jangan tanyakan bagaimana isi Pancasila maupun pembukaan UUD 1945. Bahkan isi pidato Bung Karno di Gelora Senayan pun bisa ia tirukan karena rasa cintanya yang luar biasa pada Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Jika beliau adalah seorang mahaisswa biasanya jenis mahasiswa yang paling diincar dosen karena sangking aktifnya ikut kegiatan disana-sini meskipun nilainya diatas standar IPK tapi jadi masalah ketua prodi karena skripsinya ketahan melulu di meja dosen PA. Aktif di kegiatan organisasi maupun non-organisasi. Jenis mahasiswa dan pemuda seperti ini benar-benar akan menjadi bibit unggul calon pemimpin bangsa. Ketika kebanyakan masyarakat stucked dengan harga sembako meroket dari dampak kenaikan BBM mereka mencari jawaban dari sumber masalah, menyuarakan pikiran masyarakat dalam bahasa yang lebih berpendidikan lewat kritikan di media, aksi white demonstration, dan langsung mencari solusi penanganan kebutuhan masyarakat baik lewat kegiatan bakti sosial seperti donasi dll. Ketika masyarakat kebanyakan marah budaya dan ciri khas Bangsa Indonesia diakui dan dipakai sebagai identitas diri oleh bangsa lain, pemuda-pemuda ini bergerak dengan tarian, melukis diatas kanvas, menulis didalam jurnal dan mengabadikan pengalaman perjalanan luar biasa menemukan surga-surga alam dan keberagaman budaya dari berbagai suku dan ras yang terdapat di Indonesia. Mengikuti ajang pemilihan duta wisata, duta bahasa, duta pemuda untuk Asia-Afrika adapula yang pergi langsung ke luar negeri sambil belajar dan membawa misi perkenalan kebuadayaan Indonesia di luar negeri, pemuda pertukaran pelajar ke negara-negara Amerika, Eropa dan bahkan sampai Afrika.
Pemuda seperti ini yang tidur malamnya selalu susah nyenyak, pikirannya menerawang jauh ke depan tentang apa yang hidupnya lakukan bagi orang-orang disekitarnya. Kebanyakan pemuda didalam kotak menganggap mereka orang yang aneh (dalam arti kata ganjil, nyeleneh, asing dan banyak tingkah) tetapi mereka berpikir bahwa melakukan hal-hal diluar apa yang biasa orang lakukan perlu untuk melakukan perubahan dalam kehidupan. Kadang kita harus keluar dari kotak untuk melihat bagaimana bentuk dari kotak dimana kita berada.

2.      SIENGSIENG (Selalu Ingin Eksis Nampil Gaya Selalu Ingin Eksis Ntah Gimanapun caranya)
All the people is my follower . Jenis Pemuda kedua ini juga sama baiknya dengan jenis pemuda yang pertama. Untuk membuat orang memperhatikan kamu, lakukan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan orang. Maka Eksis-lah! Buatlah sebuah karya dan tunjukkan kepada dunia. Musik, seni ataupun fashion yang akan diikuti orang lain. Bukan hanya akan merubah cara masyarakat menilai kamu tapi kamu juga bisa membuat orang-orang mengikuti apa yang kamu lakukan. Mungkin jika teman-teman mengetahui fenomena alay dan cabe-cabean tercipta di masyarakat, maka itu juga merupakan suatu inovasi yang dilakukan anak-anak muda pada era ini untuk membuat mereka diperhatikan semua orang dan diikuti.

Sama seperti The Beatles menampilkan performance musik Rock n Roll di BBc London. Sebagai generasi anak muda yang berani tampil buka-bukaan menyuarakan gaya musik keras ala anak muda pada tahun 60-an masa dimana anak muda dianggap sebagai pemberontak lewat pemikiran, pakaian dan pergaulan mereka. Jaman dimana anak-anak muda dianggap hanya memiliki kewajiban menuntut pendidikan dan bekerja untuk menyambung kehidupan sementara musik dan bersenang-senang bukan bagian dari kesopanan dan kesusilaan bagi para orang tua. Namun akhirnya Band ini menjadi everlasting youth's music icon, bahkan lagu mereka masih dinyanyikan oleh pemuda diluar jamannya hingga saat ini, di seluruh dunia.

Refleksi dari pemikiran pemuda-pemuda anti-mainstream ini mengubah pandangan masyarakat mengenai jaman yang terus berubah. Memang akan ada masa dimana suatu perubahan mulai diperkenalkan orang-orang tidak dapat menerimanya. Namun pemuda selalu punya hal-hal aneh didalam kepala mereka yang menanti untuk segera diwujudkan.

3.   PKK (Pemuda Kuliah Kerja)
Saya pernah berada di strata pemuda seperti ini. Ketika lulus sekolah menengah hal yang saya pikirkan adalah sekarang saya anak muda yang tidak bisa dikekang oleh peraturan apapun. Saya akan main-main dan tidak belajar. Kenyataan menyetrum saya bahwa ketika saya tumbuh dewasa ada tanggung jawab yang saya pikul untuk kelanjutan hidup. Saya harus melanjutkan pendidikan dan bekerja mencari uang agar kebutuhan hidup terpenuhi.

Sama halnya seperti yang saya lakukan ketika teman-teman lulus sekolah menengah mungkin tidak akan berpikir bahwa hidup yang sebenarnya baru saja dimulai. Memasuki dunia kampus dimana kita bertemu dengan teman-teman sebaya yang sudah berani keluar dari jalurnya

4.   SSSBSS (Sangat Sederhana Sangat Biasa Sangat Standar)

You Might Also Like

0 komentar: