Ternyata Nama Saya Banyak Masuk Di Cerita & Mitologi Yunani, Lho !

9:11 AM Lovely Bunny 001 0 Comments

Eee Caelah!
Namanya juga internet gratis coy jadi wajar ajelah kalo gue nge-post agak-agak jarang dan sukak amburegul dari  satu seri ke seri lainnya. Maklum sambil kerja mbak-mas hahaha...
oke oke saya tau saya masih ngutang satu postingan yang belom kelar. Tapi postingan ini juga ga kalah menariknya kok dibanding yang mas-mbak tunggu dari kemaren.
Tau ga tau sih, ternyata nama saya itu banyak muncul lho di cerita-cerita yunani kuno. Kalo sebelumnya ada postingan saya yang menjelaskan asal mulanya nama saya yaitu berasal dari sebuah gunung di Italia nah berikut dibawah ini juga kisah-kisa yang berhubungan erat dengan nama "ajaib" pemberian orangtua saya tsb.
Yuk dibaca...

1. Dewi Aetna, Dewi Gunung Berapi Yunani
Alkisah dulu waktu jamannye para dewa-dewi Yunani masih negjogrog di Pegunungan Olympus ada seorang dewi cantik (beda tipis, die cantik gue cakep! X'D) di dunia bawah yang bertugas untuk menjaga kestabilan dunia bawah. Jadi dewi ini nih kerjaannye ngekurung dan ngejagain para arwah-arwah yang tinggal didunia bawah supaya kaga' kabur ke dunia atas dan berbuat onar. Dunia bawah ntu selalu di ibaratkan berada ditempat-tempat gunung berapi, that's why setiap gunung berapi berdegum diyakini arwah-arwah dari dunia bawah sedang berusaha buat melarikan diri. Nah mbak mas mungkin nyang pada ngerti mitologi Yunani pasti pada protes karena mahfum tugas nyang ngejagain dunia bawah tu sebenernya dikerjain ama Dewa Hades. Eniwei, taugak sih lo? Kalo ternyata sebelum Dewa Hades, Dewi Aetna lah yang lebih dulu menjaga dunia bawah. Abis itu saya kagak tau deh gimana kelanjutan ceritanya ape si Dewi Aetna naik pangkat jadi atasannya Hades ato bener-bener udah pensiun trus nerusin usaha dagang bubur hehehe kidding!
Nah ada beberapa sumber yang nyebutin kalo Dewi Aetna sendiri bukan termasuk kedalam dewa-dewi dunia atas melainkan seorang nimfa (sejenis peri alam) yang merupakan anak dari Uranus dan Gaia. NImfa sendiri merupakan perwujudan roh alam sekitarnya. Jadi kalo disekitar alam tsb ada sungai, danau atau laut maka nimfa yang ngehuni biasanya nimfa air. Nah, karena Pulau Sisilia ada gunung berapinya maka Nimfa Aetna adalah perwujudan alam Gunung Etna yang ada di pulau tsb. Malah, konon katanya nama Gunung Etna sendiri terinspirasi dari nama nimfa Aetna yang menjaga pulau Sisilia dan Gunung Etna. Dewi Aetna juga yang menjadi penengah pertengkaran Hephaistos dan Demeter saat memperebutkan kekuasaan atas Pulau Sisilia.

2. Gunung Etna, Tempat Tifon Dikurung Didalam Keabadian
Nah, nyang ini masih jauh maning flashback ke cerita sebelumnye. Konon sebelum para dewa dan dewi hidup makmur dengan manusia. Adalah anak dari Gaia dan Tartaros, sepasang Titan bersaudara yang juga sepasang suami istri yang merupakan anak Kronos musuh Zeus. Tifon diutus oleh kedua orangtuanya agar memporak porandakan Olympus dan membuat para dewa kabur dari singgasananya. Pada perkelahian melawan Zeus di bumi, Tifon mengangkat Gunung Etna yang hendak dilemparkan ke Zeus tapi karena Gunung tsb terlalu berat (Coba lu ngangkat gue fon, kagak bakal berasa, rinnngggaaannn~ :D) Zeus merasakan kelemahan Tifon kemudian membalas menyerangnya. Tifonpun tertimpa Gunung Etna dan terkurung didalamnya untuk selama-lamanya. Sebenernya cerita ini agak kurang masuk diakal sih pemirsa, gimana kagak? Ntu titan kan gede amat yak, ngangkat gunung bisa giliran kejepit dibawahnya kagak bisa keluar ckkckkckkk sometime myth's running nut of our logics. 

3. Gunung Etna, Tempat Dimana Petir Zeus Diciptakan
Hefaistos adalah dewa api dan pandai besi yang sering membantu para dewa-dewi di Olympus dalam segala urusan dunia karena konon katanya meskiupun buruk rupa tetapi ia sangat pandai. Istrinya sendiri merupakan dewi tercantik yaitu Dewi Afrodit. Nah, karena pekerjaannya sebagai pandai besi tentu dia punya bengkel donk, Gunung Etna inilah yang jadi tempat dimana Hefaistos menempa besi-besi dan juga konon katanya merupakan tempat pertapaan Hefaistos ketika sedang dirundung masalah.
Hefaistos jugalah dewa yang memciptakan senjata paling mematikanmilik Zeus, yaitu Petir. Nah di Gunung Etna lah petir tsb diciptakan bersama-sama dengan senjata mematikan Zeus yang lainnya, The Cyclops.

4. Gunung Etna, Tempat Api Suci dan Pertapaan Para Ilmuwan Jaman Pra-Reinasance

5. Empedokles, Filsuf Yang Menceburkan Diri Ke Kawah Gunung Etna
Setelah jaman Animisme mulai ditinggalkan oleh manusia-manusia pada peradaban terdahulu orang-orang mulai berpkir bagaimana dan seperti apa proses penciptaan alam semesta tanpa harus percaya akan adanya dewa-dewi yang mengatur keseimbangan alam semesta. Kemudian bermunculanlah oara filsuf-filsuf yang dengan pemikirannya sendiri mencoba memecahkan teka-teki terjadinya alam semesta. Mungkin kalo mbak-mas pada kenal salah satu diantaranya adalah Aristotles. Selain itu banyak juga ilmuwan yang hidup baik di jaman sesudah meninggalnya Aristotles maupun sebelumnya. Plato, Socrates dan Empedokles salah satunya. Empedokles bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu ilmuwan "nyeleneh" yang bermaksud anti-mainstream terhadap pemikiran awam pada saat itu.
Bahkan


You Might Also Like

0 komentar: