Johari Window Theory dan Karakter Pemuda

9:43 PM Lovely Bunny 001 0 Comments



Apakah anda sudah menyadari siapa sepenuhnya diri anda? Jangan hanya tanyakan pada diri sendiri, tanyakan pada orang-orang disekitar anda apa mereka mengetahui siapa diri anda?
 
Jika anda berada dalam sebuah tim akan ada banyak karakter dari setiap anggota, ini juga terjadi di organisasi. Sebuah organisasi yang solid memiliki kekuatan yang dibangun dari dalam organisasi tersebut. Anggota-anggota adalah faktor pendukung utama untuk tercapainya komunikasi yang baik dalam organisasi yang solid. Oleh karena itu penting untuk mengetahui karakter diri sendiri maupun anggota lain didalam organisasi.
 

Johari Window adalah sebuah konsep teori yang diciptakan oleh dua psikilog Joseph Luft dan Harrington Ingham pada tahun 1955 di Amerika Serikat, digunakan untuk menolong orang lain mengerti lebih baik tentang hubungan mereka satu sama lain.

Johari window membagi menjadi empat bagian ruang menurut sejauh mana seseorang dan orang lain mengenali dirinya.




Open, area dimana kita mengetahui potensi dan sifat-sifat baik didalam diri kita dan orang lainpun mengetahuinya. Umumnya ketika kita berada di area open, sifat-sifat yang kita tunjukkan kepada orang lain memang adalah sifat alamiah yang ada didalam kepribadian kita. Seperti contoh seseorang yang periang, suka menolong, ramah, dan pandai memang memiliki sifat-sifat tersebut dan begitulah ia berlaku didepan orang lain sehingga ia dan orang lain mengetahui bagaimana dirinya. Begitu juga dengan kekurangan yang ia tunjukkan didepan semua orang maka dengan mudah ia dan orang lain mengetahui kekurangannya.

Blind, atau Blind Spot adalah area dimana anda harus berhati-hati dengan diri anda sendiri.  Area dimana kita tidak mengetahui diri kita secara baik tetapi hal itu dapat ditemukan oleh orang lain. Ada beberapa sikap yang kita tunjukkan pada orang lain secara tanpa sadar memberikan penilaian yang berbeda dari orang lain. Sikap acuh anda ketika bertemu seseorang akan memberi kesan sombong kepada orang lain. Mungkin suara anda merdu ketika anda bernyanyi, ternyata masakan anda disukai banyak orang. Tetapi anda tidak menyadarinya. Jika anda tidak menyadari anda berada di area ini sama halnya dengan anda tidak menyadari potensi dalam diri anda daripada orang lain.

Orang berpikir anda pelupa, tapi anda mampu mengingat jalan kerumah seorang teman meskipun hanya sekali mengunjunginya. Anda adalah seorang pemarah menurut teman-teman anda tetapi anda paling dapat mengendalikan amarah ketika menunggu seseorang yang berjanji akan menemui anda.  Apakah orang lain akan mengetahuinya? Mereka tidak akan mengetahui sampai anda tidak memberi tahu, atau bahkan anda sendiripun tidak menyadarinya. Hidden, atau Private Knowledge adalah kebalikan dari blind apot area. Sifat-sifat yang tersembunyi didalam diri anda tidak dapat diketahui orang lain karena anda tidak membuka diri kepada orang lain.

Unknownable, atau Ignorance tidak dketahui oleh anda maupun orang lain. Jika anda berpikir tidak mengerti tentang siapa diri anda dan demikianpun orang lain. Inilah saatnya anda bereksplorasi, mencari pengalaman diluqr diri anda. Cobalah sesuatu yang baru, bangunlah relasi dengan banyak orang dan lakukan banyak hal baru.

Namun meskipun pembahasan Johari Window Theory mengenai kebersamaan dan usaha untuk saling mengenali karakter sesama anggota didalam kelompok, peer group atau teman sepermainan tidak dapat dikaitkan dengan teori ini. Kelompok yang dimaksud adalah media dimana pemuda mengembangkan potensi dirinya bersama dengan teman-teman yang memiliki visi dan misi yang sama dengannya. Hal ini dapat ditemui jika anda masuk kedalam sebuah organisasi. Anda bertemu dan berkumpul bersama teman yang setujuan dan banyak menghabiskan waktu bersama mereka kemudian menjadi semakin akrab dan hubungan tersebut membantu membuka diri anda pada orang lain. Orang-orang akan mengetahui siapa diri anda dan apa yang bukan merupakan diri anda.

You Might Also Like

0 komentar: