Asertif atau Agresif kah anda?

7:16 AM Lovely Bunny 001 0 Comments

 

Setiap orang dituntut untuk menjadi pemimpin, meskipun ia tidak mengingingkan. Ada suatu waktu dimana orang-orang mendelegasikan kepercayaan kepada anda meskipun anda sendiri tidak mempercayai kemampuan anda. Bagaimanapun, anda adalah pemimpin dimanapun dan kapanpun anda berada. Anda memimpin diri anda sendiri menentukan kehidupan anda, mengaturnya dengan sebaik mungkin, mengerjakan apa yang anda sukai, bekerja keras untuk tujuan hidup anda dan menyimpan uang untuk jaminan masa depan anda. Masihkah berpikir anda bukan pemimpin?

 

Maka, seharusnya anda tidak perlu bingung untuk memimpin orang lain. Kunci dasar dari kepemimpinan adalah:

- Kepercayaan (trust)
- Komitmen
- Komunikasi
- Ketegasan (assertive)

Ketika memiliki ketiganya jalankan kepemimpinan dengan wibawa dan keberanian. Jangan takut dengan orang lain yang merendahkan dan membuat keyakinan anda mengabur. Meskipun demikian, kepemimpinan tidak lepas dari masalah dengan kelompok. Akan ada konflik intrapersonal dan antar personal. Tugas pemimpin adalah menjaga tim anda tetap kuat dan setiap anggota bertindak tetap didalam jalur.


Pada suatu kasus anda adalah koordinator upacara pagi dan semua peserta laki-laki diwajibkan memakai peci berwarna hitam. Tetapi satu anggota anda tidak memakai peci tersebut dan anda pun menegurnya. 'Kenapa kamu tidak memakai peci hitam? Semua peserta laki-laki memakainya', Lalu anggota anda menjawab 'Tapi saya tidak punya peci' Anda terkejut mendengar jawabannya yang tanpa merasa bersalah kemudian langsung memarahinya, 'Kamu itu pembuat onar karena kamu akan membuat semua peserta dihukum karena kamu tidak mematuhi aturan!', karena kesal anda tidak tahu lagi harus berbuat apa dan pergi meninggalkannya berharap ia memiliki rasa bersalah.

You Might Also Like

0 komentar: