Tips Berakhir Pekan Sederhana Para Single

9:30 PM Lovely Bunny 001 0 Comments

Oleh : Etna Khairullah

Weekend !
Tapi sedang tidak punya uang untuk mengambil paket liburan, tidak punya pacar yang bisa diajak menghabiskan akhir pekan dan jauh dari keluarga. Tenang, ini bukan akhir duniamu :)
Ada banyak hal-hal sederhana yang mudah kita lakukan untuk menghabiskan akhir pekan. Selain dapat membangkitkan kegembiraan dan semangat anda juga bisa mengatasi kesepian di dunia kecil yang anda tinggali selama ini, ini dia ...

1. Bangun awal
Siapa bilang weekend harus dinikmati dengan malas-malasan dan bangun kesiangan? Cobalah bangun di awal pagi lalu buka semua jendela rumah anda dan pergilah ke teras kamar dan hiruplah aroma segarnya udara pagi. Ini tidak hanya bisa dilakukan oleh anda yang bertempat tinggal dilingkungan yang memang sudah asri, tetapi anda yang tinggal di kota besar juga bisa melakukannya. Aktifitas perkotaan agak berkurang pada akhir pekan karena sebagian besar orang menghabiskan waktu untuk bangun siang. Jadi anda bisa jadi orang yang memanfaatkan waktu luang ini dengan baik.

2. Menyalurkan Hobi
Suka memasak? Melukis, membuat kerajinan tangan, menulis atau menjahit? Anda bisa memulainya di awal pagi dengan perlahan-lahan. Tidak harus buru-buru untuk menyelesaikan hobi anda, tetapi nikmati aktifitas tersebut dan berusahalah untuk fokus dan abaikan hal-hal di luar mengisi weekend seperti pekerjaan yang masih tersisa atau jadwal yang belum disusun ulang. Jika hasil masakan atau lukisan anda telah rampung, pujilah hasil anda sendiri. Dengan begitu akan menimbulkan kembali semangat dan kegembiraan anda.


3. Berkebun
Tanaman bunga yang berwarna-warni dan tumbuhan yang hijau sangat membantu untuk menenangkan pikiran anda. Jika punya sedikit sisa ruang di halaman, anda bisa menggunakannya untuk menanam bunga atau tanaman kecil-kecil. Jangan lupa untuk menyiram dan menberi pupuk, anda dapat menikmati hasil kerja anda minggu ini pada minggu-minggu selanjutnya. Selain itu lingkungan rumah bisa menjadi lebih segar.
4. Berjalan-jalan di sekitar rumah
Kesibukan setiap hari membuat anda tidak sempat meluangkan waktu untuk bercengkerama dengan tetangga sekitar rumah atau bahkan menyapanya. Di akhir pekan ini anda bisa bersosialisasi dengan lingkungan tempat tinggal, manfaatkanlah awal pagi dengan keluar menyapa tetangga di sekitar rumah anda. Menanyakan kabarnya, menyapa anaknya yang masih kecil, memberi salam, atau sekedar tersenyum ramah.
5. Merapikan rumah
Menghabiskan akhir pekan didalam rumah yang berantakan tentu akan membuat anda merasa kurang nyaman. Mulailah menata kamar anda, mencoba tata ruang yang baru agar tidak membosankan, merapikan rak buku, lemari pakaian atau gudang. Hati-hati dengan barang-barang berat, jangan sampai badan anda pegal-pegal karena memaksakan diri untuk memindahkan lemari atau kursi mungkin. Tentu anda tidak mau menghabiskan akhir pekan dengan badan tidak fit kan?
6. Hubungi orang terdekat
Jika anda tinggal jauh dari keluarga atau sedang malas keluar rumah untuk mengunjungi rumah sahabat. Cukup meneleponnya saja, tanyakan kabar mereka atau ceritakan pengalaman-pengalaman anda selama seminggu terakhir atau mungkin bisa bercerita tentang kabar kawan lama.
7. Check e-mail
Banyak spam yang mengganggu inbox atau belum sempat memilah-milah e-mail penting seputar bisnis dan kolega. Anda bisa melakukannya di akhir pekan, selain itu jangan lupa untuk menyapa teman jauh dengan menyempatkan menulis sedikit surat pendek untuknya.
8. Menuliskan target
Rapikan tujuan hidup anda, tentu anda ingin mencapai suatu target-target tertentu didalam hidup. Buatlah susunan rencana jangka pendek, jangka sedang dan jangka panjang anda. Tuliskan dengan rapi dan semenarik mungkin, lalu pajanglah disuatu tempat yang memungkinkan untuk anda lihat setiap hari. Dengan begitu akan memudahkan anda mengingat target-target apa yang harus anda lakukan.
9. Menulis catatan harian
Siapa bilang menulis diary itu kekanak-kanakan dan hanya cocok untuk yang punya hobi menulis? Anda juga bisa menulia cerita anda sendiri, diary tidak harus selalu bercerita tentang bagaimana anda menghabiskan waktu sehari penuh. Anda juga bisa menuliskan tentang nilai-nilai kebaikan dari orang-orang yang anda temui setiap hari atau dari kejadian yang telah berlalu.
Nah, sangat mudah untuk di praktekkan bukan? Sekarang anda tidak perlu galau lagi dengan hanya menghabiskan weekend anda dengan melamun di dapur atau menyesali kesendirian anda. Perlu sebenarnya kita sadari, hal-hal kecil disekitar yang selama ini tidak kita sadari ternyata dapat membangkitkan semangat dan kegembiraan didalam pribadi kita sendiri. Dan ingatlah, kebahagiaan adalah anda pemusnah dan penciptanya!
Happy Weekend :)

You Might Also Like

0 komentar: