Pemberdayaan Perempuan Di Era Modern

11:43 AM Lovely Bunny 001 0 Comments


Pemberdayaan dalam arti yang di adopsi dari bahasa asing, 'Empowerement' mengandung arti:


1. Give (someone) the authority or power to do something
2. Enable (someone) to do something

Yang berarti memberi kekuatan, mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk melakukan sesuatu.Pemberdayaan dimaksud kepada kelompok-kelompok atau individu yang merasa ter-marginal-kan dan tidak mampu bersaing dengan keadaan sekitar.

Perempuan merupakan gender yang memiliki image sebagai mahluk lemah yang senantiasa membutuhkan orang lain. Belakangan wacana-wacana mengenai kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan menjadi topik menarik yang selalu dibahas dan diperdebatkan. Kesetaraan gender juga berkaitan dengan pemberdayaan terhadap kaum perempuan.

Kesetaraan berarti membuat perbedaan di antara laki-laki dan perempuan menjadi tersamarkan dengan melepaskan atribut fisik yang nampak pada keduanya.Gender adalah pembedaan peran, atribut, sifat, sikap dan perilaku yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Dan peran gender terbagi menjadi peran produktif, peran reproduksi serta peran sosial kemasyarakatan.
( Sumber : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI )

Pemberdayaan perempuan sebenarnya adalah sebuah tantangan bagi kaum ini. Bukan hanya menyeratakan derajat kaum perempuan dengan laki-laki dalam berbagai hal, tetapi memberikan kesempatan kepada perempuan untuk berhasil dalam melakukan hal-hal yang juga dilakukan oleh kaum pria. Pemberdayaan dalam kesetaraan gender, menuntut perempuan untuk mengembangkan diri dan menggali kemampuan mereka seluas-luasnya agar dapat bersaing di dunia global secara berkompeten.

Mengembangkan bakat dan keterampilann berpikir kreatif dan berjiwa pantang menyerah dalam berkompetensi untuk merebut peluang agar menjadi yang terunggul. Menyupir, bekerja di kantor, bekerja di lapangan, menjadi enterpreneur yang sukses ataupun pemimpin di perusahaan swasta ataupun pemerintahan. Bukan hanya menunjukkan bahwa inilah hasil dari kesetaraan gender tetapi inilah hasil dari kesempatan yang diberikan kepada perempuan dalam berkompetensi secara bebas di masyarakat. So women, Get On Top!

You Might Also Like

0 komentar: